Tips Dan Trik Cetak Ebook Menjadi Buku

Jaman kini alhamdulillah, begitu gampang kita mendapatkan kitab- kitab ataupun buku- buku yang tidak dijual di wilayah kita, kita bisa dengan gampang mengunduhnya di internet. Kitab yang telah diunduh itu, bisa kita baca di laptop ataupun di gadget dikala kita butuh. Tetapi membaca ebook di layar laptop ataupun gadget bukanlah senikmat membacanya langsung di kertas oleh karena itu kamu bisa cetak ebook di only-print.com . Lebih mantap lagi jika di print jadi suatu novel utuh, dengan sedikit keahlian memprint, jadilah suatu kitab yang lengkap. Terlebih jika dijilid dengan sampul tebal( hard cover), jadilah dia suatu bonus koleksi berharga pustaka di rak kitab/ novel.


Sesungguhnya sangat gampang memprint ebook jadi suatu novel, sebab di Microsoft Word( Office 2010) ataupun juga Adobe Reader, telah ada opsi memprint berupa novel( booklet). Jika MS Office kamu masih tipe 2007 jangan berkecil hati, klik ctrl+p, setelah itu klik properties setelah itu masuk ke pengaturan printer, page setup geser ke kanan seleksi booklet, OK. Langkah berikutnya mudah- mudahan dapat dimengerti dengan membiasakan langkah- langkah di dasar.

Baik, aku hendak memprint suatu kitab karangan Al- Habib Muhammad bin Alwy Al- Maliki ialah Syarah Manzhumah Al- Waraqat dari file pdf memakai Adobe Reader XI dengan jumlah taman 95. Butuh kamu ingat, jumlah taman suatu novel itu merupakan kelipatan 4, sebab 1 lembar= 4 taman, jadi jika di print 95+1( supaya genap) dipecah 4=24 lembar. Jadi jika jumlah taman yang hendak kamu cetak ratusan ataupun ribuan, hingga hendaknya dipecah jadi sebagian jilid/ juz. Sebab bagi pengalaman aku, 100 taman( 25 lembar) cetak telah lumayan tebal kala distaples. Hingga hendaknya kamu memprintnya taman 1- 100 dahulu( jilid awal), sehabis berakhir baru lanjutkan nanti taman 101- 200( jilid kedua) serta seterusnya.

Gimana metode mencetaknya?

1. Umumnya EBOOK berformat PDF meski terdapat yg berformat DJVU

Namun lebih banyak PDF… jd kita perlu Adobe Reader yang memiliki settingan Booklet Printing pada settingan PRINTnya, semacam yang diarahkan pada Foto 1. Buat menimbulkan semacam Foto 1 seleksi File– Print. Penulis memakai Adobe Reader 9 Pro.

Apabila Adobe Reader ataupun Program pembaca file PDF tidak memiliki settingan Booklet Printing, kita dapat memakai setingan pada properties printer yang kita gunakan, penulis mengenakan canon IP 1800. semacam pada foto 2.

buat menimbulkan foto semacam pada foto 2, klik Properties semacam pada Foto 1. Bimbingan ini cuma hendak menerangkan apabila memakai settingan pada Adobe Reader.

2. Langkah berikutnya simak setingan

Pada Print range seleksi page, perihal ini sebab bisanya ebook dapat memiliki taman hingga 500 taman jadi mencetaknya jangan sekalian 500 misal 100/ 200 taman, ingat 1 kertas utuk 4 taman jadi membuat range yang habis di untuk 4. kita mencetak seluruhnya secara langsung tidak apa apa, hendak namun bila nanti di tengah jalur kehilangan tinta kita hendak kerepotan, sebab bila di cancel prosesnya hingga kita hendak mengulang dari dini serta printer hendak panas bila dipakai buat mencetak lama lama serta akaibatnya hendak rusak.

pada subset seleksi all pages in range, seluruh range yg di seleksi hendak diprint, nanti bila sdh bisa separo dari range yg diseleksi printer hendak memohon buat membalikkan kertasnya( terdapat hub dengan pemilihan booklet subset).

Pada Page Scaling seleksi booklet printing, harus diseleksi.

Pada Booklet Subset seleksi both sides, berarti kedua sisi hendak dicetak secara langsung, nanti bila telah bisa separo printer hendak meinta buat memlaikan kertasnya

Perhatikan metode posisi membalik kertasnya serta ingat ini menggunkan printer canon, buat printer HP hendak lain lagi.

Pada sheets from tertulis 1 hingga 13, berarti ini kita hendak memutuhkan kertas sebanyak 13 serta kala sudah menetak 13 kertas nanti printer hendak memohon buat membalikan kertasnya. Angak 13 diperoleh dari 52 dipecah 4= 13.

pada binding seleksi left, sebab kita hendak membuka novel kearah kiri serta ebook di tulis dari kiri ke kanan. apabila nantinya menciptakan ebook nulisnya dari kanan ke kiri( bahasa Arab/ manga) bindingnya seleksi Right.

Apabila ngin mencetak dengan corak gelap, centang Print color as Black.

Terdapat angka 1 serta 2 pada kertas, angka 1 membuktikan taman terdepan serta angka 2 membuktikan taman sangat balik. misal terdapat 8 taman, printer hendak mencetak dengan urutan

3. Sehabis di setting tekan OK serta sehabis berakhir mencetaknya. 

terus kita potong kertasnya di bagian tengah jika bukunya tebal( di fotocopy aja), jika tipis dapat langsung dilipat serta tinggal di steples pada bagian tengah telah jd novel.

4. Supaya hasilnya bagus desainlah covernya jika ebooknya tidak meyertakan covernya. 

Post a Comment

0 Comments