Begini Cara Kerja Situs Peer to Peer Lending, Apakah Aman?

Para millennial perlahan-lahan semakin sadar mengenai pentingnya investasi dalam hidup ini. Apalagi dengan berkembangnya sosial media, ada banyak pengeluaran-pengeluaran tidak penting yang sering kali dibuat oleh millennial hingga akhirnya di cap sebagai generasi yang tidak bisa menabung atau berinvestasi. Peer to Peer Lending adalah salah satu bentuk investasi yang sedang diminati anak muda.

 


P2P Lending bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menarik bagi anak muda karena kemudahannya untuk melalui segala proses. Cukup dalam satu genggaman, seluruh persyaratan dan proses pendanaan maupun pinjaman dapat dilakukan dimanapun Anda berada, mulai dari kota hingga pelosok desa sekalipun dapat merasakan manfaat dari P2P Lending ini.

 

Cara Kerja Pemberi Dana

 

Peer to Peer Lending adalah sebuah media dimana Anda yang ingin berinvestasi dapat dipertemukan dengan orang yang sedang membutuhkan dana entah dalam hal pribadi maupun pengembangan usaha. Di sini, pihak P2P Lending akan memberikan Anda ‘calon’ penerima dana yang dapat Anda lihat profil serta histori nya sehingga Anda bisa menentukan untuk memberi pinjaman atau tidak.

 

Sebagai pemberi dana, Anda dapat menyesuaikan nominal pinjaman yang akan Anda beri. Beberapa platform P2P Lending bahkan dapat Anda memulai berinvestasi dengan modal Rp. 100.000. Ada baiknya Anda memulai berinvestasi dengan nominal yang tidak terlalu besar terlebih dahulu untuk melihat profit dari investasi ini. Setelah yakin, Anda bisa memberikan nominal yang lebih besar lagi.

 

Setiap bulan, pihak P2P Lending akan mengirimkan pokok serta bunga yang Anda dapatkan dari dana yang telah dipinjamkan langsung kepada akun bank Anda. Inilah yang menjadi salah satu kenyamanan berinvestasi dengan P2P Lending karena semuanya dilakukan secara online. Investasi ini merupakan salah satu bentuk investasi yang cocok dengan gaya hidup millenial.

 

Cara Kerja Peminjam Dana

 

Bila status Anda adalah sebagai peminjam dana, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk meminjam dana. Yang pertama dan yang terpenting adalah memeriksa kelengkapan dokumen yang menjadi persyaratan dalam peminjaman pada P2P Lending ini. Pastikan data-data yang diberikan valid sehingga mempermudah pihak lending dalam melakukan verifikasi.

 

Pengajuan pinjaman dana milik Anda belum tentu disetujui karena terlebih dahulu akan dilakukan beberapa langkah verifikasi. Bila data Anda disetujui, maka pinjaman Anda akan dimasukkan di dalam marketplace untuk mencari pemberi dana yang sesuai. Bila disetujui, lakukan pembayaran dengan rutin dan tepat waktu agar catatan kredit Anda baik dan bisa meminjam dalam jumlah besar nantinya.

 

Peer to Peer terbaik biasanya memiliki beberapa persyaratan untuk para peminjam dana agar dana yang diberikan dapat digunakan dengan maksimal dan mampu untuk mengubah taraf hidup peminjam tersebut. Dengan adanya P2P Lending diharapkan para peminjam dana dapat menjadi mandiri dengan membuka sebuah usaha dan bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Post a Comment

0 Comments