Tips Memilih Solenoid Valve Untuk Proyek Yang Anda Kerjakan

Solenoid valve merupakan salah satu sparepart industri yang diaplikasikan untuk proses pemenuhan atau filling bermacam produk. Sebelum beli solenoid valve tentu saja anda harus memahami mengenai solenoid valve serta tempat jual valve. Berikut tips beli solenoid valve.



1. Ketahui bagaimana skema kerja solenoid valve

Sebelum beli solenoid valve

Sebaiknya anda pahami serta mengetahui mengenai konsep kerja solenoid valve terlebih dulu hingga anda bisa menentukan skema kerja solenoid tipe mana yang anda perlukan untuk project anda. Solenoid valve memiliki skema kerja fundamen yakni normally open serta normally close dan tentunya cari valve murah dan berkualitas.

Bagaimana skema kerja solenoid valve normallly close ?

Normally close atau NC ialah konsep kerja solenoid valve yang pada tempat normal atau tanpa ada arus ialah off atau katup valve tertutup.

Bagaimana skema kerja solenoid valve normally open?

pada skema kerja solenoid valve normally open kerja sebaliknya dengan normally close, dimana skema kerja valve ialah open atau katup terbuka serta katup valve tertutup jika ada suplai tegangan.

Apakah itu Katup solenoid valve ?

Katup solenoid ialah katup yang dikendalikan dengan cara elektromekanik. Katup feature solenoid, yang disebut kumparan listrik dengan pokok ferromagnetik bergerak di tengahnya. Pokok ini disebutkan plunger. Dalam tempat istirahat, plunger tutup lubang kecil. Arus listrik lewat kumparan membuat medan magnet. Medan magnet memberi style pada plunger. Mengakibatkan, plunger ditarik ke pusat kumparan hingga lubang terbuka. Ini ialah konsep dasar yang dipakai untuk buka serta tutup katup solenoid.

"Katup solenoid ialah katup yang digerakkan elektromekanik untuk mengatur saluran cairan serta gas."

Katup solenoid salah satu elemen yang terbanyak dipakai dalam circuit gas serta cairan. Jumlah aplikasi hampir tidak terbatas. Contoh-contoh pemakaian katup solenoid termasuk juga skema pemanas, tehnologi udara terkompresi, mekanisasi industri, kolam renang, skema sprinkler, mesin pencuci, perlengkapan gigi, skema pencucian mobil serta skema irigas

2. Pilih bahan solenoid valve

bahan solenoid valve beragam macam dari mulai plastic pvc, plastic teflon, nylon, kuningan atau brass, stainless steel dll. Tetapkan bahan yang pas untuk produk anda. Bila produk anda ialah gas karena itu gunakan valve memiliki bahan kuningan yang detail dapat untuk gas, bila produk anda ialah makanan atau minuman pakai yang memiliki bahan stainless steel sebab food grade aman untuk makanan.

3. Desakan Optimal pada solenoid valve

sebelum beli solenoid valve sebaiknya anda cek detail desakan pada solenoid valve. Bila produk anda memiliki desakan tinggi seperti air bertekanan tinggi lebih dari pada 10bar anda sebaiknya pilih valve yang spesial high pressure, untuk valve dengan material plastik desakan max nya seputar 8 bar. Serta pada umumnya valve plastik bukan type low pressure hingga diperlukan desakan untuk menolong proses membuka tutup valve.

Apakah yang berlangsung bila pressure atau desakan kurang ?

bila desakan atau pressure pada solenoid valve yang bukan low pressure kurang karena itu katup valve tidak dapat tutup dengan prima hingga air masih menetes sebab katup valve tidak tutup dengan prima.

Apakah yang berlangsung bila solenoid valve digunakan dengan desakan berlebihan?

solenoid valve memiliki batasan pressure atau desakanan hingga jika digunakan berlebihan tentunya valve akan bobol serta rusak.

4. Pilih brand solenoid valve

Merek atau brand pada solenoid valve salah satu yang perlu. Kualitas benar-benar tidak sama dengan brand serta merek yang tidak sama. Pada solenoid bikinan china dibandingkan eropa tentunya tidak sama. Bila keperluan anda industri jumlah besar dengan produksi tiap hari serta nonstop sebaiknya anda pilih valve eropa dibandingkan china. Valve merek eropa seperti sirai memang semakin lebih mahal tetapi kualitas benar-benar baik serta telah disadari dunia. Bukan bermakna valve bikinan china buruk semuanya, bila perwatan serta penggunaan betul tentunya valve china jg awet.

Contoh Mesin industri yang memakai solenoid valve ialah mesin filling cairan atau pemenuhan cairan di dalam paket atau botol.

Post a Comment

0 Comments