Ini Dia Beberapa Cara Mudah untuk Mencegah Penularan Virus Corona


Pandemi COVID-19 atau coronavirus telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini sukses membuat dunia kewalahanuntuk mengatasinya. Hampir tiga bulan sudah dunia mengalami pause secara besar-besaran karena coronavirus. Namun, menyerah pada keadaan tidak akan menyelesaikan masalah.


Sebaliknya, kita perlu melakukan sesuatu—sekecil apa pun itu—untuk melindungi diri dan orang terkasih dari paparan virus ini. Untuk usaha skala besar, Anda bisa melakukan rapid test mandiri atau tes kesehatan di rumah seperti layanan yang ditawarkan oleh Homecare berikut https://homecare24.id/layanan/corona. Sedangkan untuk pencegahan skala kecil, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

Melakukan physical distancing

Sudah beberapa bulan ini  #DiRumahAja menjadi trending topic  di berbagai platform media sosial untuk wilayah Indonesia. Tagar tersebut merupakan bentuk campaign pemerintah untuk kebijakan physical distancing, yang sebelumnya disebut dengan social distancing oleh WHO kepada seluruh negara yang  telah terdampak virus.

Secara harfiah, physical distancing artinya menjaga jarak antara satu sama lain untuk mengurangi kemungkinan penularan virus dari orang lain maupun sebaliknya. Nah, inilah cara mudah pertama yang perlu Anda terapkan selama masa pandemi ini.

Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik

Dikutip dari halaman resmi WHO, mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik  dapat mencegah terjadinya penularan virus COVID-19. Pasalnya, virus berukuran superkecil ini mungkin sekali menempel di tangan Anda setelah Anda memegang suatu barang ataupun bersinggungan dengan orang lain. Oleh karena itu, biasakan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik setiap melakukan aktivitas apa pun—terutama ketika memgang benda-benda asing atau selepas dari luar rumah. 

Mengurangi menyentuh area wajah

Masih dikutip dari laman resmi WHO, menyentuh wajah setelah melakukan interaksi dengan orang lain ataupun orang yang memiliki gejala dapat meningkatkan kemungkinan tertuarnya virus ini ke dalam tubuh Anda. Sehingga, kurangilah menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut setiap kali Anda merasa tangan Anda tidak dalam keadaan bersih.

Menggunakan masker saat keluar rumah

Menggunakan masker saat keluar rumah kini sudah menjadi aturan wajib di Indonesia. Memang, menggunakan pelindung ini tidak serta merta akan menghindarkan Anda dari paparan virus corona. Akan tetapi, menggunakan masker akan menurunkan kemungkinan tersebut. Sehingga, jangan sampai abai menggunakannya ketika hendak keluar rumah, ya.

Menjaga pola makan yang teratur

Ketahanan tubuh adalah salah satu nilai unggul sesorang terhadap virus corona. Pasalnya, jika imunitas tubuh kuat, tubuh Anda akan mampu ‘melawan’ kehadiran virus tersebut. Kalaupun tertular, kemungkinan sembuh Anda akan cukup tinggi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan melalui pola makan yang teratur adalah hal penting di masa pandemi seperti ini.  

Dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah (terutama yang banyak mengandung  vitamin C), Anda dapat terhindar dari risiko penularan coronavirus.

Itulah dia beberapa cara mudah untuk mencegah penularan virus corona pada Anda. Silakan terapkan semuanya, ya. Semoga Anda sehat selalu.

Post a Comment

0 Comments