Daya Tarik dalam Iklan

Iklan Anti Rokok
Pengertian iklan menurut Kasali (1992) adalah bagian dan bauran pemasaran. Jadi secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

Sedangkan menurut Jefkins (1997), iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli.

Definisi standar dari periklanan biasanya mengandung enam elemen, yaitu:
  1. Periklanan adalah bentuk komunikasi yang dibayar, walaupun beberapa bentuk periklanan seperti iklan layanan masyarakat, biasanya menggunakan ruang khusus yang gratis.
  2. Selain pesan yang harus disampaikan harus dibayar, dalam iklan juga terjadi proses identifikasi sponsor. Iklan bukan hanya manampilkan pesan agar konsumen sadar mengenai perusahaan yang memproduksi produk yang ditawarkan. 
  3. Upaya membujuk dan mempengaruhi konsumen. 
  4. Periklanan memerlukan elemen media massa sebagai media penyampai pesan kepada audiens sasaran. 
  5. Periklanan mempunyai sifat bukan probadi. 
  6. Periklanan adalah audiens. Kelompok sasaran konsumen harus jelas ditentukan.
Manfaat iklan adalah produsen membawa pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai. Iklan menjangkau berbagai daerah yang sulit dijangkau secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio.

Sekalipun memerlukan biaya yang secara nominal besar sekali jumlahnya, bagi produsen yang dapat memanfaatkan kreativitas dalam dunia iklan, strategi iklan yang tepat menjadi murah.

Daya tarik dalam iklan menjadi hal yang sangat penting agar iklan mampu berkomunikasi dengan konsumen, dapat membujuk dan membangkitkan serta mempertahankan ingatan konsumen akan produk yang ditawarkan. Berikut daya tarik dalam iklan yang sering di gunakan, di antaranya:

1. Daya tarik pesan iklan rasional

Ada beberapa tipe pesan untuk menimbulkan daya tarik rasional, sehingga mendapat perhatian dari konsumen. Beriikut beberapa daya tarik iklan rasional:
 
Faktual. Berhubungan dengan pengambilan keputusan high involvement yaitu penerima pesan dimotivasi untuk dapat memproses informasi yang menampilkan sisi manfaat produk dan keunggulan produk sekaligus menampilkan argumentasi yang masuk akal, termasuk ke dalam tipe daya tarik faktual.
 
Potongan kehidupan (Slice of Life). Pesan iklan menampilkan potongan kehidupan yang banyak ditampilkan di televisi. Penonton disuguhkan ke dalam bentuk kehidupan sehari-hari. Misalnya iklan ibu-ibu dalam mencuci pakaian. Produk detergen ini menampilkan bagaimana aktivitas ibu-ibu masalah dalam mencuci. Pengaruh iklan ini ingin agar supaya terjadi proses peniruan perilaku dari penonton.
 
Demonstrasi. Pesan iklan yang ditampilkan menggambarkan kemampuan produk secara instrumental yang mampu menyelesaikan masalah seperti iklan obat sakit kepala, pembersih lantai penghilang ketombe yang merupakan teknik demonstrasi dalam menampilkan pesan iklannya.
 
Iklan perbandingan. Iklan yang berusaha membandingkan keunggulan produk yang ditawarkan dengan produk lain sejenis. Perusahaan berusaha meyakinkan konsumen produk yang ditawarkan lebih baik dari yang lain.

2. Daya tarik didasarkan perasaan dan emosi

Daya tarik didasarkan perasaan dan emosi digunakan untuk produk mewah, maupun produk cukup murah. Berikut ini pesan iklan dengan daya tarik perasaan dan emosi:
 
Rasa takut. Biasanya menimbulkan aspek-aspek negatif berhubungan dengan perilaku atau penggunaan produk tidak tepat. Contoh : iklan pasta gigi, dengan membuat iklan yang menakuti konsumen bahwa gigi akan keropos jika tidak menggunakan pasta gigi yang ditawarkan.
 
Humor. Memberikan daya tarik emosional karena daya tarik dapat menarik perhatian konsumen. Alasan menggunakan humor karena humor dapat membuat penerima pesan memperoleh mood positif , maka probabilitas penerimaan pesan secara baik dan akan lebih besar. Lain halnya dalam keadaan buruk (bad mood), penonton cenderung tidak akan memperhatikan iklan tersebut.
 
Animasi. Animasi banyak digunakan untuk produk-produk yang konsumennya anak-anak. Penggunaan animasi untuk iklan sarapan pagi, coklat, susu, permen dan makanan lain. Alasan penggunaan animasi adalah untuk menghindari rasa bosan dari konsumen, dengan animasi yang direkayasa guna menarik perhatian penonton.
 
Musik. Penggunaan musik sebagai daya tarik iklan karena musik akan menimbulkan kharisma, wibawa dan kesan tersendiri bagi produk iklannya.
 
Fantasi. Penggunaan fantasi diyakini bisa menimbulkan perhatian dari penonton. Produk makanan kecil untuk anak-anak sering menggunakan fantasi. 
 
Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang daya tarik dalam iklan yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments