Cara Melepas Rekatan Lem Super


Bagi sebagian orang yang mempunyai hobi utak-atik untuk merekatkan sesuatu, pasti sudah akrab dengan lem super, seperti PowerGlue, Alteco, SuperGlue, Loctite, dan lain sebagainya. 

Lem super memiliki daya rekat yang luar biasa, bahkan ada produk yang mengklaim dapat menahan beban seberat hingga 2 ton atau lebih. Namun, mungkin juga kita pernah mengalami jari kita saling melekat erat terkena lem super tersebut.

Lem Super mengandung bahan inti yang bernama Cyanoacrylate (CA). Bahan tersebut memiliki daya rekat yang cepat dan sangat kuat. Namun, Cyanoacrylate memiliki kelemahan, yaitu dapat Iuluh dengan Acetone dan Air Hangat.

Acetone biasa digunakan sebagai pembersih kuteks kuku, banyak dijual di toko-toko atau apotik. Acetone juga bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan lem super, dengan menggunakan kuas secara bertahap. Namun, perlu diingat bahwa acetone bisa merusak kain dan beberapa jenis plastik.

Banyak pembuktian menjelaskan bahwa Lem Super juga tidak tahan terhadap air. Cobalah Anda merekatkan dua komponen plastik dengan lem super. Setelah Lem Super benar-benar merekatkan dua komponen plastik tersebut dan kering, coba rendam komponen tersebut dalam air hangat. Dalam waktu kira-kira satu jam, ternyata komponen tadi terlepas dengan sendirinya.

Ini membuktikan bahwa Lem Super tidak tepat untuk menyambung suatu komponen yang berada di lingkungan basah (air). Misalnya untuk menyambung selang, pipa, dan sebagainya yang bertemu dengan air.

Terkena Kulit

Jika terkena kulit hingga merekat, rendam di air hangat. Tambahkan sabun agar mempercepat proses pelepasan tersebut. Lebih cepat lagi jika menggunakan Acetone, namun jangan sampai terkena selaput lendir. Sebenarnya, minyak pada kelenjar keringat kulit kita dapat membuka lem tersebut dalam beberapa jam kemudian dengan sendirinya.

Terkena Bibir

Jika tidak sengaja terkena bibir hingga merekat, segera siram dengan air hangat yang cukup banyak, juga usahakan agar banyak air liur yang membantu membasahi bibir bagian dalam. Gerak-gerakkan bibir ke samping namun jangan ditarik yang dapat merobek kulit bibir. Jika didiamkan, air liur dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam 1-2 hari kemudian.

Kelopak Mata

Jika terkena kelopak mata hingga merekat atau bahkan merekat ke bola mata, seperti cara di atas segera cuci dengan air hangat. Dalam keadaan didiamkan, air mata dapat membuka lem super dengan sendirinya dalam 1-4 hari.

Bola Mata

Jika bola mata terkena lem super, biasanya dalam beberapa jam lem yang mengering akan lepas dengan sendirinya. Setelah itu segera cuci mata dengan boorwater atau obat tetes mata. 

Post a Comment

0 Comments