Perkembangan Janin pada Setiap Trimester

Perkembangan Janin
Setiap ibu hamil harus memeriksakan dan mengamati perkembangan janin pada setiap trimester atau bulan, ini sangat berguna untuk mengetahui keadaan ibu dan bayi pada masa kehamilan. Rutin memeriksakan perkembangan janin pada setiap trimester merupakan tahapan penting menuju kehamilan yang sehat, karena dengan rutinya pemeriksaan kehamilan, dokter akan mendapatkan kondisi menyeluruh ibu dan bayi yang dikandungnya.

Kehamilan merupakan masa-masa terjadinya perubahan merupakan masa-masa terjadinya perubahan yang besar dalam tubuh seorang perempuan. Perubahan ini tidak hanya berhubungan dengan bentuk dan berat badan, tetapi juga perubahan biokimia, fisiologis, bahkan emosional yang merupakan konsekuensi dari pertumbuhan janin dalam rahim.

Perubahan ini terjadi untuk menjaga metabolisme tubuh, mendukung pertumbuhan janin, serta persiapan persalinan dan menyusui dengan tingkatan yang bervariasi di setiap trimesternya.

Volume cairan tubuh akan meningkat pada trimester awal kehamilan dengan total peningkatan mencapai 50% menjelang persalinan. Produksi sel darah merahjuga ikut mengalami peningkatan hingga mencapai 33%.

Tekanan darah akan mengalami penurunan akibat perubahan cairan tubuh. Ginjal juga akan mengalami perubahan selama kehamilan, yaitu menjadi lebih berat. Selain itu, ureter menjadi lebih panjang dan lebar.

Saluran cerna mengalami perubahan gerakan peristaltik yang melambat sehingga ada perpanjangan waktu transit yang akan menyebabkan susah buang air besar. Selain itu, ibu hamil juga mengalami peningkatan nafsu makan.

Namun, akibat efek mual dan muntah, sering kali peningkatan nafsu makan menjadi tidak terasa. Perubahan-perubahan yang dialami tersebut erat kaitannya dengan kondisi janin yang ada di dalam rahim.

Janin mengalami variasi pertumbuhan yang berbeda pada setiap trimesternya. Karena hal ini tidak dapat dipantau secara Iangsung, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Trimester Pertama
Pada bulan pertama kehamilan, sel telur yang telah dibuahi akan menempel di dinding rahim disertai dengan pembentukan bakal tangan, kaki, otak, dan sumsum tulang. Pada bulan pertama kehamilan, jantung dan paru-paru mulai berkembang.

Pada bulan kedua kehamilan, kelopak mata mulai terbentuk dan bagian dalam telinga sudah mulai berkembang. Selain itu, tulang janin mulai muncul disertai dengan pembentukan jari, pergelangan, dan lutut. Pada bulan tersebut alat kelamin juga mulai berkembang.

Pada bulan ketiga kehamilan, seluruh organ dalam janin mulai terbentuk. Bagian anggota badan seperti jari terus tumbuh disertai perkembangan otot dan tulang. Usus mulai terbentuk. Pada bulan ini tulang belakang sudah terbentuk, tetapi masih lembut dan lentur. Kulit telah terbentuk, tetapi masih transparan. 
Perkembangan Janin pada Trimester Pertama
Trimester Kedua
Pada trimester kedua, bulan keempat hingga keenam, banyak bagian tubuh yang mengalami perkembangan. Pada bulan keempat kehamilan, bagian tubuh yang mulai terbentuk adalah alis, bulu mata, kuku, dan organ seksual luar janin.

Pada bulan keem pat ini plasenta telah terbentuk dengan sempurna. Kaki dan tangan dapat melipat serta leher telah terbentuk. Telinga bagian luar mulai berkembang. Ginjal mulai berfungsi dan mulai memproduksi urine.

Pada bulan ini juga janin sudah dapat mengunyah dan mendengar. Selama bulan kelima kehamilan, refleks mengisap janin mulai berkembang. Janin pun menjadi Iebih aktif serta sudah dapat tidur dan bangun di dalam rahim. Saluran pencernaan pun mulai berkembang dengan mulai diproduksinya garam empedu oleh kandung empedu.

Pada janin perempuan, sel telur telah terbentuk di ovarium. Sementara pada jan in laki-laki, testis mulai turun dan perut ke skrotum.

Pada bulan keenam kehamilan, rambut janin mulai tumbuh dan otak berkembang dengan cepat. Mata janin mulai terbuka. Selain itu, paru-paru bayi telah terbentuk, tetapi belum berfungsi. 
Perkembangan Janin pada Trimester Kedua
Trimester Ketiga
Pada bulan ketujuh, mata janin dapat terbuka dan tertutup akibat reflek cahaya. Janin sudah dapat menendang dan meregang serta merespon suara. Pada bulan berikutnya,janin mengalami peningkatan berat badan lebih cepat dan tulang-tulang mulai mengeras. Bagian-bagian otak mulai terbentuk.

Pada bulan kedelapan kehamilan, indra pengecap mulai bekerja. Pada bulan kesembilan, janin mulai dapat mengubah posisi ke atas dan ke bawah. Kerutan pada kulit janin mulai berkurang dan paru-paru sudah matang sehingga siap untuk berfungsi dengan baik.

Pada usia kehamilan ini pola tidur janin yang teratur sudah mulai terbentuk. 
Perkembangan Janin pada Trimester Ketiga
Informasi Perkembangan janin pada setiap trimester ini diambil dari buku "Tetap Bugar dan Energik Selama Hamil" oleh dr. Ova Emilia, dkk.

Post a Comment

0 Comments