Mengenali Tanda Awal Kehamilan

Tanda Awal Kehamilan
Untuk mengetahui dan mengenali tanda awal kehamilan, Anda dapat berpatokan pada sikius menstruasi yang biasa dialami. Ketika menyadari bahwa Anda tidak mengalami menstruasi lagi, itu artinya telah ada bakal janin dalam rahim Anda.

Ada beberapa tanda awal yang sering menyertai kehamilan, sebagai berikut.

1. Tidak enak badan. Perempuan yang hamil akan mengalami perubahan fungsi badan, seperti perubahan hormon yang beredar pada tubuh, perubahan metabolisme, fungsi jantung, sistem darah, sistem pencernaan, dan sistem perkemihan.

Perubahan tersebut akan mengubah fungsi secara bertahap sehingga ibu akan mengalami masa penyesuaian yang memberikan rasa tidak nyaman, tidak enak badan, atau bahkan sakit. Sebagian besar rasa tidak nyaman ini tidak bermasalah, terutama jika perempuan hamil tersebut sudah diberi pengertian tentang perubahan-perubahan yang akan terjadi.

Jika rasa sakit itu dirasakan sepanjang hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

2. Perubahan pada payudara. Payudara sering membesar dan terasa mengeras. Pembuluh darah di payudara akan semakin tampak jelas dan puting susu terlihat Iebih gelap dan menonjol.

3. Sering buang air kecil yang disebabkan adanya desakan rahim yang mulai membesar ke arah kandung kencing. Gejala ini wajar dan akan berkurang apabila kehamilan mencapai di atas empat bulan.

4. Mengalami konstipasi (susah buang air besar).

5. Merasa cepat Ielah.

6. Merasakan sensasi yang aneh pada Iidah. Beberapa perempuan merasa sensasi seperti logam.

7. Kram Perut. Secara umum wanita yang hamil muda di minggu-minggu awal juga akan merasakan pertanda ini. Rasa kram tersebut juga diakibatkan karena terjadinya implantasi janin ke dinding rahim yang akan terus terasa selama proses tersebut masih berlangsung.

8. Telat Haid. Pertanda ini mungkin menjadi salah satu yang paling mudah diketahui. Saat sel telur sudah terbuahi maka tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh dan ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan.

Melakukan Uji Kehamilan

Jika merasa telah mengalami tanda-tanda kehamilan yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda melakukan uji kehamilan melalui tes urine. Uji kehamilan dapat dilakukan dengan urine dari hari pertama terlambat haid atau dua minggu setelah berhubungan intim.

Uji ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda dapat memanfaatkan pemeriksaan di klinik-klinik atau dengan menggunakan sendiri produk tes kehamilan yang tersedia di pasaran. Jika melakukan uji kehamilan sendiri, Anda harus yakin telah mengikuti prosedur yang tercantum pada produk tersebut. 
 
Baca juga:

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan, apabila mempunyai informamsi tambahan tentang mengenali tanda awal kehamilan, Anda atau pembaca dapat memberikan komentar . Terimakasih banyak.

Post a Comment

0 Comments