Karakteristik Media Iklan

Jika memutuskan untuk beriklan, ada baiknya anda mempertimbangkan karakter masing-masing media yang akan digunakan seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

Koran, pola baca masyarakat dapat klasifikasikan pada fokus tertentu. Senin cocok untuk iklan-iklan bisnis, Jumat cocok untuk iklan properti dan wisata, Sabtu dan Minggu sesuai untuk iklan-iklan keluarga dan anak-anak. Juga penting diperhatikan rubrikasi koran, iklan makanan akan pas kalau ditempatkan di rubrik makanan. Perhatikan umur koran harian hanya satu hari, demikian pula umur iklannya.

Majalah umumnya mempunyai segmen yang jelas, misalnya wanita, anak-anak, kesehatan, busana, masak, seni atau sport. Oleh sebab itu relatif mudah dipilih yang sesuai dengan segmen produk Anda. Mutu kertas dan cetak sangat penting diperhatikan, karena dia dibaca berulang ulang.

Brosur, kartu pos atau selebaran, dapat efektif kalau target audiens Anda jelas sehingga mereka bisa dikirimi berulang-ulang. Data base prospek pelanggan kini sudah bisa dibeli dari penyedia informasi profesional. Apabila Anda membuka suatu toko buku misalnya, Anda bisa kirimkan kupon diskon ke para prospek pelanggan di kawasan itu, kemudian hitung berapa banyak yang datang ketoko Anda untuk menebus kupon.

Radio karena jangkauan siarannya, jadinya tersegmentasi secara geografis. Namun kini kita bisa lihat sudah ada radio bisnis (PAS FM), radio wanita (Female), radio laki-laki (RadioOne), radio remaja (Prambors), radio berita (News, ElShinta), dan sebagainya. Penting diperhatikan bagaimana pelanggan Anda mendengar radio, di perjalanan, di rumah atau menjelang tidur sehingga Anda bisa memilih waktu yang tepat.

TV dapat menjangkau audiens yang lebih luas tapi biayanya pun paling mahal. Dampak audio visual dan media ini juga sangat besar terutama pengaruh emosionalnya, sehingga cocok untuk produk-produk emosi misalnya yang menjual gaya hidup, prestis, tren baru atau konsep baru. Karena mahal maka TV sulit untuk dijangkau oleh usaha kecil. Di masa depan kalau TV kabel sudah meluas, penem patan iklan untuk usaha kecil lebih memungkinkan.

Iklan on-line meliputi iklan banner, pay per click pada search engine, iklan baris on-line dan iklan standar/display. Iklan on-line ini paling efektif apabila iklan itu muncul di situs web yang sesuai dengan produk dan servis Anda sehingga dapat menjangkau audiens yang sama.

Yellow Pages, merupakan media referensi produk atau jasa yang paling sering digunakan masyarakat. Disusun per kategori produk atau jasa, oleh sebab itu iklan di sini sangat efektif menonjolkan produk Anda sebagai yang paling terkemuka.

Mempromosikan bisnis Anda tidak hanya melalui iklan. Sebelum beriklanlah buat bisnis Anda baik produk, layanan, tempat usaha sebagai sesuatu yang bisa menjual dirinya sendiri. Konsumen yang puas akan menjadi iklan gratis bagi bisnis Anda.

Iklan dibuat untuk menunjang atau memperkuat hal-hal positif yang ada dan sudah dirasakan pelanggan, dengan mengkomunikasikan secara terencana dan kreatif.

Namun karena biayanya mahal, jangan lupa memperhitungkan hasilnya. Kalau tidak efektif, Anda nanti dianggap menghambur-hamburkan uang, percuma saja.

Post a Comment

0 Comments