Cara Tetap Sehat Saat Kondisi Hamil

Hamil Sehat
Menjaga kesehatan tubuh saat melakukan program kehamilan atau sudah dalam kondisi hamil adalah hal yang sangat penting dilakukan. Tetap sehat saat kondisi hamil pertanda bahwa gaya hidup Anda tergolong baik dan kondisi bayi dalam keadaan sehat.

Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah karena banyak masalah dan tantangan yang harus dihadapi. Kehamilan akan mengubah hidup Anda, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang untuk memasuki salah satu fase dalam kehidupan seorang perempuan ini.

Banyak hal yang dapat terjadi selama Anda memasuki masa-masa ini. Karena itu, ibu harus menjaga kesehatan dan memulai gaya hidup sehat selama masa kehamilan.

Agar yakin bahwa Anda dalam kondisi yang sehat selama kehamilan nanti, sebaiknya melakukan beberapa hal di bawah ini.

Memeriksakan Kesehatan
Beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung memiliki potensi menyebabkan berbagai masalah selama kehamilan . Karena itu, ketika Anda dan suami berniat untuk memiliki anak, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika ternyata Anda mengalami masalah kesehatan, konsultasikanlah kepada dokter.

Mengingat Kembali Riwayat Kehamilan Sebelumnya
Jika Anda pernah hamil sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu memberikan perhatian Iebih pada kehamilan berikutnya jika pernah mengalami keguguran, kematian janin didalam rahim, atau masalah lainnya.

Meskipun riwayat kehamilan masa lalu belum tentu terulang pada masa yang akan datang, Anda tetap perlu melakukan tindakan pencegahan sehingga hal tersebut tidak terulang lagi. Untuk itu, konsultasikan kepada dokter mengenai masalah-masalah yang pernah dialami pada masa Iampau.

Menjaga Berat Badan Tetap Normal
Tidak ada salahnya jika mulai memikirkan berat badan jika Anda berencana untuk memiliki momongan. Meskipun terdengar sepele, tetapi berat badan yang terlalu rendah atau lebih akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Ibu yang hamil dengan berat badan rendah memiliki risiko mengalami masalah kehamilan Iebih tinggi (seperti melahirkan bayi dengan berat badan rendah) dibandingkan dengan orang normal. Ibu hamil yang mengalami kegemukan akan lebih mudah mengalami hipertensi dan diabetes selama kehamilan.

Memperhatikan berat badan penting dilakukan seorang perempuan hamil agar selama masa kehamilan dan persalinan tidak ada masalah yang berat.

Melihat Kembali Semua Jenis Jamu, Obat, dan Suplemen 
Beberapa dan Anda mungkin mengonsumsi jamu, obat, dan suplemen secara rutin. Pada perempuan normal mungkin hal ini tidak akan terlalu berbahaya. Namun, karena Anda akan menjalani kehamilan sebaiknya memperhatikan penggunaan produk-produk tersebut. 
 
Beritahukan dokter mengenai semua jenis jamu, obat-obatan, dan suplemen yang Anda konsumsi. Jika Anda tidak yakin dengan produk tersebut, bawalah kemasan produk itu kepada dokter.

Tetap Berolahraga
Olahraga itu penting bagi semua usia, tidak terkecuali bagi orang yang merencanakan kehamilan. Untuk memperoleh tubuh yang fit dan stamina yang baik, melakukan olahraga menjadi suatu keharusan. Lakukan olahraga rutin, seperti berjaIan, berenang, atau bersepeda.

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Sebelum hamil, Anda harus memastikan bahwa pola makan yang dijalani sudah baik. Dengan pola makan yang baik, Anda telah membantu tubuh untuk mempersiapkan semua kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Di samping itu, hal ini akan membiasakan Anda untuk makan dengan pola makan yang baik sesuai dengan kehamilan yang dijalani.

Jika memiliki masalah atau pola makan berbeda dengan orang kebanyakan (misalnya alergi, vegetarian, tidak makan sayur atau buah, atau rutin menjalani puasa), pastikan bahwa dokter juga mengetahuinya.

Ibu hamil wajib menghindari alkohol dalam minuman ataupun buah-buahan, menjauhi asap rokok dan segala bentuk minuman yang mengandung kafein. Ini dilakukan demi tidak terganggunya tumbuh kembang bayi. 
 
Baca juga:
Perkembangan Janin pada Setiap Trimester

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan tentang cara tetap sehat saat kondisi hamil. Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi kita semua.

Post a Comment

0 Comments