Cara Pemasaran Toko Online


Toko Online
Siapa yang tak mengenal toko online, apalagi bagi generasi millennial yang kesehariannya tak bisa dilepaskan dari perangkat digital dan internet. Toko online adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam produk melalui Internet dengan menggunakan sebuah website dan aplikasi. Website dan aplikasi tersebut bersifat interaktif yang dapat menangangi permintaan informasi dari seorang konsumen akan sebuah produk sekaligus menangani pesanan.

Ada pergeseran pola masyarakat dalam melakukan transaksi perdagangan, awalnya transaksi dilakukan secara konvensional offline, namun perlahan mulai hilang dan tergantikan oleh transaksi berbasis online. Transaksi online lahir karena berubahnya toko yang semulanya konvensional (offline) berubah ke entertainment (online).

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) menyatakan bisnis e-commerce atau penjualan melalui jaringan internet terus tumbuh. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce yang terbesar di Asia-Pacific.

Dibutuhkan kesabaran dan kerja keras dalam memasarkan dan mengenalkan toko online, karena persaingannya bukan lagi dalam ranah lokal, tapi lintas batas.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan pengelola dalam memasarkan dan mengenalkan toko online agar dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan:

1. Kuatkan sistem IT, masyarakat cenderung akan meninggalkan toko online yang sering bermasalah layanan dan server.

2. Manfaatkan jejaring sosial, hampir semua pebisnis memanfaatkan media sosial untuk pemasaran online. Media sosial telah menjadi trend dan menjadi bagian hidup masyarakat yang sangat penting. Hampir semua pengguna internet memiliki akun media sosial yang diakses aktif setiap harinya. Pemasangan Iklan di media sosial harus diperhitungkan sebagai sarana promosi toko online anda.

3. Promosi melalui google adwords, Layanan ini adalah milik google dan telah menjadi salah satu media pemasaran yang bisa diandalkan untuk promosi online. Jika pengelola toko online menggunakan layanan google adwords, maka toko online tersebut akan muncul di halaman pencarian google dan juga iklan di website/ blog publisher google adsense sesuai dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna internet.

4. Perbaiki Kualitas SEO atau bisa disebut dengan teknik memaksimalkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan produk jualan. Kata kunci ini harus ditempatkan di dalam konten website. Jika pengelola memaksimalkan SEO, maka tak menutup kemungkinan toko online tersebut akan muncul diperingkat pertama google.

4. Mengadakan program diskon, salah satu cara menarik pembeli adalah dengan mengadakan promo dan diskon. Misalnya memberikan diskon 10% kepada konsumen yang membeli produk selama bulan tertentu. Atau bisa memberikan diskon 20% bila konsumen membeli lebih dari 10 produk.

5. Bekerjasama dengan blogger terkenal atau yang memiliki banyak jumlah visitor unik setiap harinya, ini  merupakan cara ampuh pemasaran toko online anda. Kerjasama ini bisa dalam bentuk artikel ulasan tentang toko online tersebut dan artikel ulasan produk yang dijual.

Itulah sedikit cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan toko online anda, semoga dapat membantu dan memberikan ide tambahan dalam mengembangkan dan menjangkau konsumen.

Baca juga cara Memulai Usaha Toko Online

Post a Comment

0 Comments