Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Monitor

Di zaman serba digital, semua orang tak terkecuali para orang tua dan anak-anak menggunakan komputer dan dan perangkat sejenis seperti leptop dan notebook untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-harinya.

Para orang tua biasanya menggunakan perangkat komputer untuk kebutuhan menyelesaikan pekerjaan kantor. Tapi bagi anak muda, biasanya digunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah bahkan sekedar untuk browsing, chatting dan bermain media sosial seperti Facebook, Twitter,dll.

Disadari atau tidak, aktivitas berlama-lama di depan monitor komputer dan leptop dapat membuat mata menjadi lelah yang mengakibatkan pada kerusakan. Untuk mencegah kerusakan pada mata, berikut ini tips menjaga kesehatan mata di depan monitor:

1) Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, sering berkedip juga disarankan untuk menghindari mata kering.

2) Jika ada gangguan penglihatan saat menggunakan komputer, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli mata.

3) Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

4) Jika membaca dokumen yang panjang menggunakan komputer, cobalah untuk menggunakan huruf yang lebih besar. 

5) Pastikan monitor yang Anda gunakan dapat diatur kemiringannya agar mudah menyesuaikan dengan posisi mata. Jika memiliki dana, sebaiknya untuk menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding dengan monitor CRT. 

6) Gunakan screen protector di layar komputer mengurangi pancaran radiasi. Atur cahaya monitor agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. 

7) Jika mengalarni gangguan penglihatan, baik rabun jauh atau dekat, gunakan kacamata untuk memastikan bahwa bayangan tepat jatuh di retina.

Post a Comment

0 Comments