Sifat Yang Harus Dimiliki Pengusaha

Setiap orang pasti ingin menjadi pengusaha sukses, mempunyai bisnis yang mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Untuk menjadi sukses bukanlah perkara mudah, dibutuhkan kesabaran, keuletan dan kerja keras serta optimisme dalam menghadapi segala hambatan.

Banyak orang yang terinspirasi dari kesuksesan pengusaha dunia semisal Steve Jobs atau Bill Gates, membaca buku motivasi dari mereka dengan maksud memahami bagaimana cara mereka meraih kesuksesan yang begitu luarbiasa. Secara umum kesuksesan sebuah bisnis dapat dicapai jika mempunyai visi ke depan, apa yang hendak ia lakukan, apa yang ingin ia capai? Sebab sebuah usaha bukan didirikan untuk sementara, tetapi untuk selamanya. Oleh sebab itu factor kuntinuitas harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh ke depan, seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang, agar jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan. Bisnis juga harus mampu mencari, membaca peluang baru atau inovasi terbaru dalam mengembangkan bisnisnya.

Untuk mencapai kesuksesan, Pengusaha harus memiliki sifat penunjang dalam mencapai kesuksesan ushanya, pertama, pengusaha sebagai the change creator. Sifat ini penting karena dalam dunia bisnis seorang pengusaha harus mampu menerima segala macam bentuk perubahan secara mendadak sebagai menu makan sehari-harinya. Selain itu, untuk menjadi seorang pengusaha tidak hanya dituntut “mampu” mengelola atau menguasai perubahan, tetapi juga harus bisa menciptakan perubahan. Dengan kemampuan seperti ini akan membawa diri Anda sukses seperti Sukamdani atau Martha Tilaar dalam mengelola bisnisnya.

Kedua, seorang calon pengusaha harus bisa meihat perbedaan, baik antar orang maupun antar fenomena kehidupan sebagai peluang bukan sebagai penghalang. Ketiga, seorang pengusaha harus menyukai dinamika dalam kehidupan bisnis. Keempat, pengusaha adalah seorang “pakar” tentang dirinya sendiri. Kelima, seorang pengusaha berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain (low profile), menjadi pendengar yang baik dan selalu mampu memecahkan masalah (problem solving).

Jika Pengusaha telah memiliki sifat-sifat tersebut, mereka selalu bekerja membuat perbaikan-perbaikan. Dari waktu ke waktu selalu ada perbaikan. Di atas semua itu, hal yang paling utama tentunya kebulatan tekad dan semangat seorang pengusaha menjadi faktor pendorong yang utama untuk dimiliki. Kebulatan tekad dan semangat untuk terus maju dari hari kehari menjadi pondasi dalam menjalankan bisnisnya. Terimakasih

Post a Comment

0 Comments