Doa Setelah Shalat Ashar

Bagi anda yang sedang mencari doa setelah shalat Ashar (Ta’qib shalat Ashar) maka bisa dibaca di bawah ini. Shalat Ashar ialah salah satu Shalat Wajib yg harus dikerjakan oleh setiap umat Muslim di seluruh dunia karena sudah diperintahkan didalam Rukun Islam dan sebagai salah satu Shalat Wajib tentunya mempunyai banyak sekali manfaat dan keutamaan. Akan halnya dengan shalat dzuhur, shalat ashar juga merupakan salah satu dari shalat wajib 5 waktu yang terdiri dari 4 rakaat yang dikerjakan setelah melaksanakan shalat dzuhur.

Sedangkan Keistimewaan Shalat Ashar dan Keutamaan Shalat Ashar antara lain mendapatkan pahala yg begitu besar, dihindarkan dari siksa api neraka, mendekatkan diri kepada Allah Swt, mukaa menjadi lebih bersih karena selalu di basahi dg air wudlu dan mampu memberikan ketenangan hati serta waktu paling mustajab ialah Doa Setelah Shalat Wajib Ashar.

Sebelum membaca doa, dianjurkan untuk membaca tasbih az-Zahra, dengan cara 34 kali Allah Akbar, 33 kali Alhamdulillah dan 33 kali Subhanallah. Jumlah keseluruhannya menjadi 100. Dalam riwayat disebutkan, bila seseorang selesai shalat mengucapkan tasbih az-Zahra secara lengkap dan menutup bacaannya dengan Laa Ilaaha Illallah, niscaya Allah akan mengampuni dosanya.


أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ ذُو [ذَا] الْجَلالِ وَ الْإِكْرَامِ وَ أَسْأَلُهُ أَنْ يَتُوبَ عَلَيَّ تَوْبَةَ عَبْدٍ ذَلِيلٍ خَاضِعٍ فَقِيرٍ بَائِسٍ مِسْكِينٍ مُسْتَكِينٍ مُسْتَجِيرٍ لا يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ نَفْعا وَ لا ضَرّا وَ لا مَوْتا وَ لا حَيَاةً وَ لا نُشُورا پس میگويى اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ نَفْسٍ لا تَشْبَعُ وَ مِنْ قَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَ مِنْ عِلْمٍ لا يَنْفَعُ،  وَ مِنْ صَلاةٍ لا تُرْفَعُ وَ مِنْ دُعَاءٍ لا يُسْمَعُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْيُسْرَ بَعْدَ الْعُسْرِ وَ الْفَرَجَ بَعْدَ الْكَرْبِ وَ الرَّخَاءَ بَعْدَ الشِّدَّةِ اللَّهُمَّ مَا بِنَا مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنْكَ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوبُ إِلَيْكَ



Diriwayatkan dari Imam Shadiq as: Barang siapa mengucap istighfar sebanyak 70 kali usai shalat Ashar, maka Allah swt akan mengampuni tujuh ratus dosanya.

Diriwayatkan dari Imam Jawad as: Barang siapa membaca surah Al-Qadr usai shalat Ashar, maka di hari itu, ia bagai mengamalkan seluruh amal yang dilakukan makhluk-makhluk Allah di hari itu.

Membaca doa ‘Asyarat dimustahabkan di tiap pagi dan petang. Sedangkan waktu terbaik untuk membacanya adalah usai shalat Ashar.

Post a Comment

0 Comments